Let’s Cook! Making Putu Ayu ala Babybluewhale

Halo! Saya kembali lagi dengan resep camilan enak yang biasa kita jumpai di pasar-pasar. Eh? Berarti ini namanya jajanan pasar, ya? Hahahaha. 

Kebetulan kue yang satu ini merupakan kue kesukaan saya sejak kecil. Sayangnya harganya sekarang sudah tak seramah dulu, sehingga kalau beli kue ini saya sudah nggak bisa makan banyak lagi seperti dulu. Nah, untuk menyiasati hal tersebut maksudnya harga murah tapi saya bisa makan banyak saya dan mama memutuskan untuk bikin kue putu ayu. 

Pas banget ‘kan? Sambil nonton quick count Pilkada DKI, sambil nongkrong di dapur bikin kue. Hahaha. Ini dia resep putu ayu ala Babybluewhale~~~

Putu ayu ala Babybluewhale

Bahan:

1. 1 1/2 gelas belimbing tepung terigu (saya pakai segitiga biru)

2. 1 sachet kecil santan kental (saya pakai merk Kara)

3. 1 gelas belimbing gula pasir

4. 3 butir telur ayam

5. 1 sdt TBM

6. 1/4 sdt garam

7. 1/2 sdt soda kue

8. Pewarna hijau secukupnya

9. Kelapa parut secukupnya

10. Minyak goreng secukupnya (untuk olesan di cetakan kue)
Cara Membuat:

1. Kocok telur, gula, garam dan TBM hingga mengembang

2. Campur tepung terigu dan soda kue

3. Kukus kelapa parut (jangan lupa beri sedikit garam)

4. Masukkan campuran tepung terigu dan soda kue ke dalam kocokan telur yang sudah mengembang. Aduk hingga rata

5. Masukkan dua tetes pewarna hijau dan aduk hingga warnanya merata, sisihkan

6. Siapkan cetakan kue putu ayu. Oleskan sedikit minyak goreng dan isi cetakan dengan kelapa parut

7. Masukkan adonan kue ke dalam cetakan satu per satu lalu kukus menggunakan api sedang

8. Tunggu sekitar 10-15 menit, kue pun siap dihidangkan
Fyi, resep di atas sudah saya modifikasi dan uji coba sendiri. So far, hasilnya bagus dan ngembang. Yang jelas pastikan saat mengocok telur, gula, garam dan TBM adonan sudah mengembang. Mungkin ada yang bertanya kenapa saya menggunakan takaran gelas bukan gram? Sebenarnya resep aslinya sih pakai gram, tapi karena saya nggak punya timbangan kue di rumah, jadi dikira-kira sendiri, deh. Hahaha. Makanya saya namakan resep putu ayu ala Babybluewhale. 

Biar nggak dikira hoax, nih saya kasih foto-fotonya. Selamat mengikuti quick count 😄 Sampai jumpa di resep selanjutnya!

Proses pembuatan HAHAHA ngedeprok di bawah sambil nonton Quick Count Pilkada
Ini sebagian bahan-bahannya, gaes
Cakep kaan
Let’s Cook! Making Putu Ayu ala Babybluewhale

Let’s Cook! Making Dorayaki ala Babybluewhale

Akhir-akhir ini saya lagi senang sekali masuk ke dapur dan sok-sokan bikin kue. Bukan kue berat dan ekstrem, sih aku mah apa atuh tapi kue-kue ringan buat camilan. HAHAHA! Ketahuan banget ya doyan ngemil.

Anyway, tapi nggak sembarangan sok bikin kue juga. Biasanya saya pilih yang bahannya gampang dan masaknya nggak pakai oven. Nah, setelah browsing sana-sini akhirnya saya menemukan resep dorayaki. Pada tahu ‘kan dorayaki adalah makanan kesukaannya Doraemon njuk ngopo? Jadi, saya menemukan resep dorayaki setelah memanfaatkan mesin serba tahu alias Google. Dan saya pun mendapatkan resep ini:

How to make dorayaki:
Bahan yang diperlukan:

1. Tepung terigu 7 sendok makan

2. Baking soda 1/2 sendok makan

3. Madu 1 sendok makan

4. Gula pasir 4 sendok makan

5. Telur ayam 2 butir

6. Air secukupnya

7. Keju secukupnya (ini buat topping sih wakakaka)

8. Selai cokelat secukupnya (ini bisa untuk isian jika dorayakinya mau ditumpuk atau dijadikan topping bebass!)

Cara membuat:

1. Kocok sampai mengembang / berwarna pucat telur, gula pasir dan madu

2. Masukkan tepung terigu dan baking soda yang sudah terlebih dahulu dicampur ke dalam adonan telur yang sudah mengembang

3. Aduk adonan hingga tercampur, masukkan air sedikiiit saja (saya nggak ada takarannya, tapi biasa saya masukkan setengah gelas belimbing)

4. Tuang adonan menggunakan sendok sayur ke atas teflon (sebenarnya teflonnya nggak perlu dikasih mentega kalau sudah anti lengket)

5. Balik dorayaki jika bagian atas sudah keluar gelembung-gelembung kecil

6. Sajikan dengan isian atau topping yang sudah disiapkan (keju parut atau selai coklat dsb)
By the way karena dorayaki buatan saya nggak seperti dorayaki Doraemon, akhirnya malah nggak saya isi dan saya makan ala pancake gitu. Njuk sebenernya ini dorayaki atau pancake ya? Namanya juga resep dorayaki ngawur ala Babybluewhale. HAHAHA

Tadaa~ ♡ Dorayaki sudah jadi. Tinggal dipilih mau makan ala ngawur kayak saya atau ditumpuk dua di tengahnya diisi dengan selai cokelat dan keju. Yang jelas ini lebih enak dinikmati masih hangat, ya 😄

Let’s Cook! Making Dorayaki ala Babybluewhale